Pra Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Banten Tahun 2025

Sumber Gambar : Bappeda Provinsi Banten

VIRGOJANTI : PERANGKAT DAERAH PROVINSI BANTEN DITUNTUT UNTUK DAPAT MENGUSULKAN PROGRAM DAN/ATAU KEGIATAN YANG TEPAT

 

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Banten menggelar rapat persiapan Pra Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) guna Penyusunan RKPD Tahun 2025, yang digelar diAula Ballroom Bappeda Provinsi Banten Lantai 3, Selasa (23/04/2024), Rapat dipimpin oleh Kepala Bappeda Provinsi Banten (DR. MAHDANI, SE,ST,M.SI,MM.) dan di dampingi Asisten Daerah serta dibuka oleh Plh.Sekertaris Daerah (Ir. Hj.VIRGOJANTI, M.Si).

Acara tersebut dihadiri seluruh Kepala Perangkat Daerah Dan Para Kepala Biro dilingkungan Pemerintah Provinsi Banten, Pimpinan Instansi Vertikal Se-Provinsi Banten, Kepala Bappeda/Bapelitbangda Kabupaten/ Kota Se-Provinsi Banten.

Pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Provinsi Banten Virgojanti menjelaskan Beberapa Dasar Hukum pelaksanaan Musrenbang, Tahapan Penyusunan RKPD Tahun 2025, Tata Cara pelaksanaan Pelaksanaan Pra Musrenbang dan Musrenbang RKPD Provinsi Banten. Dijelaskan Virgojanti bahwa Pra Musrenbang ini dimaksud agar dapat lebih awal menyepakati hal-hal permasalahan pembangunan daerah, prioritas pembangunan daerah; program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi, penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan nasional, dan klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan provinsi dengan program dan kegiatan kabupaten/kota yang diusulkan berdasarkan hasil musrenbang kabupaten/kota.

Selanjutnya Adapun pada kegiatan tersebut dibahas terkait tematik pada rancangan RKPD Tahun 2025 yaitu Penanganan Stunting Dan Kemiskinan Ekstrim, Stabilitas Inflasi Dan Ketahanan Pangan, Pemantapan Infrastruktur Dan Penguatan Aksebilitas Pendidikan Menuju Peningkatan Investasi, Penguatan Reformasi Birokrasi Dan Digitalisasi Tata Kelola Pemerintahan.

Disinggung berkitan dengan peningkatan kualitas perencanaan pembangunan daerah menurut Plh Sekda Provinsi Banten, perlu dilakukan langkah-langkah inovasi yang dapat memberikan dampak signifikan terhadap pencapaian pembangunan di Provinsi Banten. Sejalan dengan hal tersebut, perangkat daerah provinsi banten dituntut untuk dapat mengusulkan program dan/atau kegiatan yang tepat, yang secara substansi telah mempertimbangkan pencapaian target indikator sasaran program, target sasaran perangkat daerah, dan sasaran pembangunan daerah sebagaimana ditargetkan dalam RPD Provinsi Banten Tahun 2023-2026.

saya mengharapkan peserta Pra Musrenbang dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. semoga kerja keras kita ini dapat menghasilkan RKPD Provinsi Banten Tahun 2025 yang berkualitas sehingga mampu mewujudkan masyarakat banten yang maju, mandiri, sejahtera berlandaskan iman dan taqwa.” Ujarnya.

Selanjutnya setelah pembukaan Pra Musrembang dilanjutkan dengan Desk/Diskusi pada masing-masing Kelompok Organisasi Perangkat Daerah Dilingkungan Provinsi Banten, Organisasi Vertikal Se-Provinsi Banten dan Kabupaten/Kota yang berdasarkan tematik pada rancangan RKPD Tahun 2025, Tematik Penanganan Stunting Dan Kemiskinan Ekstrim dipimpin langsung oleh Kepala Bappeda Provinsi Banten, Tematik Stabilitas Inflasi Ketahanan Pangan dipimpin oleh Asisten Pembangunan, Perekonomian dan Pengadaan Provinsi Banten Tematik Pemantapan Infrastruktur dan Penguatan Aksesibiliitas Pendidikan Menuju Peningkatan Investasi  dipimpin Asisten Administrasi Umum dan Tematik Penguatan Rformasi Birokrasi dan Digitalisasi tata kelola Pemerintah yang di pimpin oleh Plt. Asisten Pemerintahan Umum dan Kesejahteraan Rakyat. (gnr/ojn)


Share this Post