Pj Gubernur Banten Al Muktabar : Semangat Perjuangan Pahlawan Harus Diwarisi Generasi Muda

Sumber Gambar : Biro Administrasi Pimpinan dan Protokol Setda Provinsi Banten

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan, semangat perjuangan para pahlawan harus diwarisi untuk mencapai cita-cita kemerdekaan. Menjadi keunggulan generasi muda dalam menghadapi dinamika di masa depan. Hal itu diungkap Al Muktabar usai mengikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Provinsi Banten di Taman Makam Pahlawan, Ciceri, Kota Serang, Sabtu (17/8/2024) dini hari.

"Malam ini kita melaksanakan Renungan Suci yang dipimpin oleh Kapolda Banten dengan sangat khidmat. Itu bagian dari dedikasi kita kepada pahlawan kusuma bangsa," ungkap Al Muktabar. "Kita mendoakan para pahlawan yang telah mendahului kita untuk mendapatkan tempat yang layak di sisi-Nya," sambungnya.

Al Muktabar mengatakan, semangat perjuangan para pahlawan yang telah diwarisi menjadi sebuah pendorong dalam mengisi kemerdekaan dengan pembangunan untuk mewujudkan cita-cita para pahlawan. "Ini salah satu nilai yang harus kita tanamkan dan kita telah mendapatkan teladan yang besar dari para pahlawan. Oleh karenanya, semangat para pahlawan harus kita warisi dan kita berkewajiban untuk mentranformasikannya kepada generasi muda," katanya.

Selain itu, Al Muktabar menyampaikan, semangat perjuangan yang diwariskan para pahlawan tersebut tidak akan lekang oleh waktu. Sehingga semangat itu harus terus dilakukan untuk mencapai cita-cita kemerdekaan. "Kemerdekaan adalah hal yang mendasar. Tentu dinamika ke depan itu harus kita hadapi dengan kemampuan yang unggul. Salah satu kemampuan yang unggul itu, bila memiliki semangat juang yang tinggi. Dan itu warisan dari para pahlawan bangsa ini," imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Al Muktabar berharap kepada generasi muda untuk dapat membaca dan mempelajari sejarah perjuangan para pahlawan. Sehingga mampu menanamkan semangat perjuangan itu untuk menghadapi berbagai tantangan ke depan.

"Itu akan menjadi bekal bagi generasi muda ke depan," pungkasnya.

Sumber: Biro Administrasi Pimpinan dan Protokol Setda Provinsi Banten


Share this Post