Monitoring Kesiapan Daerah dalam Mendukung Proyek Strategis Nasional

Sumber Gambar :

Pemerintah Provinsi Banten telah merencanakan pembangunan jalan Cikeusal-Boru, yang merupakan akses menuju ke Jalan Tol Serang Panimbang Seksi 1: Serang-Rangkasbitung (26,55 KM), tepatnya pada Exit Toll/Simpang Susun (SS) Cikeusal.  Pembangunan jalan ini merupakan salah satu dukungan dan sinergitas Pemerintah Provinsi Banten terhadap pembangunan Tol Serang-Panimbang.  Ruas jalan ini merupakan salah satu dari 3 jalan baru yang akan dibangun sesuai target RPJMD 2017-2022.

Dalam rangka monitoring terkait kesiapan daerah  dalam menyiapkan pembangunan jalan untuk exit Tol Serang – Panimbang dalam mendukung Proyek Strategis Nasional (PSN) di Provinsi Banten, pada hari Selasa tanggal 24 Agustus 2021 telah dilaksanakan kegiatan monitoring oleh Tim Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan Bappeda Provinsi Banten yang didampingi oleh Tim dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Banten.

Total Panjang jalan Cikeusal-Boru adalah 10,325 km dengan lebar ruang milik jalan/ROW (Right of Way) 25 m. Titik awal Ruas ini bertemu dengan jalan Provinsi Ruas Pakupatan-Palima di dekat Jalan masuk ke Sitandu Dinas Pertanian Provinsi Banten dan BPOM Provinsi Banten.  Selanjutnya nanti bertemu dengan jalan provinsi ruas Ciruas-Petir-Warung Gunung, dan berakhir di Exit Toll/Simpang Susun Cikeusal pada Tol Serang-Panimbang.  Total kebutuhan lahan yang akan dibebaskan yaitu 294.476 m2 atau 29,45 ha. Pengukuran awal dan patok batas telah dipasang di lokasi oleh Dinas PUPR Provinsi Banten.  Saat ini masih proses pengadaan tanah pada tahapan pelaksanaan.

Pihak DPUPR diminta untuk selalu berkoordinasi dengan Pihak BPN agar peta bidang dapat segera dikeluarkan yang selanjutnya oleh appraisal dapat dilakukan penilaian harga.  Pembangunan jalan akses tol Cikeusal-Boru diharapkan bisa segera dilakukan sejalan dengan berfungsinya Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1: Serang-Rangkasbitung yang dalam waktu dekat akan segera diresmikan dan digunakan oleh masyarakat, sehingga masyarakat lebih dimudahkan dalam mengakses jalan tol tersebut. Aiwn.


Share this Post