Lagi, Bappeda Banten Diganjar Anugrah Badan Publik Informatif Peringkat Tertinggi

Sumber Gambar :

Setelah melalui serangkaian penilaian dalam rangka monitoring dan evaluasi pelaksanaan keterbukaan informasi publik pada badan publik yang dilakukan oleh Komisi Informasi Banten, akhirnya di Tahun 2019 ini Bappeda Banten kembali meraih predikat ‘informatif’ dengan nilai paling tinggi untuk kategori Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yaitu 94,95.

Penganugerahan yang dilaksanakan di Pendopo Gubernur Banten, Kamis (7/11) ini juga menganugerahkan penghargaan serupa untuk pemerintah kabupaten/kota, instansi vertikal/lembaga non struktural dan lembagal lainnya serta BUMD Provinsi Banten yang dari hasil penilaian dianggap telah melaksanakan keterbukaan informasi di masing-masing lembaganya.

Ketua Komisi Informasi Banten Hilman menyampaikan bahwa penilaian Komisi Informasi terhadap badan publik dibagi atas lima kategori yaitu Informatif dengan nilai 90 - 100, Menuju Informatif dengan nilai 80 - 89,9, Cukup Informatif dengan nilai 60 - 79,9, Kurang Informatifdengan nilai 40 - 59,9 dan Tidak Informatif dengan nilai kurang dari 39,9. ”Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengevalusai sejauh mana badan publik mengimplementasikan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik”, terang Hilman.

Sekertaris Daerah Provinsi Banten, Al Muktabar dalam sambutannya mengatakan bahwa publik berhak atas informasi yang benar dan mengapresiasi lembaga-lembaga publik yang telah mengimplementasikan amanat undang-undang 14/2008 tersebut dengan penuh kesungguhan.

Sementara itu Kepala Bappeda Banten Muhtarom yang ditemui terpisah menyampaikan apresiasi atas pencapaian tim Bappeda yang dikomandoi oleh Sekretaris Akhmad Thamrin, dan berharap penghargaan ini tidak menjadikan Bappeda terlena dan abai untuk terus menyampaiakan informasi yang harus diketahui publik. “Ini adalah hasil kerja keras kita bersama, semoga menjadi penyemangat kita untuk selalu melayani kebutuhan informasi masyarakat atas kerja-kerja Bappeda”, urai Muhtarom

Hadir dalam acara tersebut Ketua Komisi Informasi Pusat dan Ketua Komisi I DPRD Banten serta sejumlah undangan lainnya. (gun/ika)


Share this Post