Banten pilot project pelaksanaan integrasi e-planning dengan SIPD

Sumber Gambar :

Kemendagri menunjuk Provinsi Banten menjadi pilot project pelaksanaan integrasi e-Planning dengan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) bersama dengan 6 provinsi lainnya. SIPD adalah sistem yang dibangun oleh Kemendagri sebagai portal terpadu 4 sektor tata kelola pemerintahan yaitu e-Planning, e-Budgeting, e-Reporting dan e-Sakip.

"Gubernur Banten Wahidin Halim mendukung penuh pemanfaatan teknologi informasi untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas, ketepatan dan kecepatan baik dalam pengambilan keputusan perencanaan maupun dalam pelayanan kepada masyarakat", demikian Kepala Bappeda Provinsi Banten Muhtarom di ruang kerjanya (20/9).

Muhtarom juga menyampaikan bahwa Kemendagri memberikan apresiasi terhadap capaian Pemerintah Provinsi Banten mengintegrasikan SIPD dengan Sistem Informasi Manajemen Perencanaan, Penganggaran dan Pelaporan(SIMRAL)yang dikembangkan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di empat sektor tata kelola pemerintahan di atas.

Saat ini SIMRAL dari sisi tahapan pembangunan telah menjangkau seluruh komponen SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Internal Pemerintah) secara terintegrasi, sejak perencanaan, penganggaran, tata kelola keuangan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan. Database SIMRAL telah memungkinkan satu kali input untuk satu transaksi disalahsatu tahapan untuk digunakan diseluruh tahapan.

"Provinsi Banten dan BPPT telah bekerjasama sejak 2017 untuk membangun SIMRAL versi Provinsi, sebagai amanat Rencana Aksi Pencegahan Korupsi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena sebelumnya SIMRAL dikembangkan oleh BPPT baru untuk Pemerintah Kabupaten/Kota", pungkas Muhtarom. (ch/ika)


Share this Post