• Sunday, 17 December 2017
  • Pengumuman

    ULAMA PANDEGLANG GELAR ISTIGHASAH BERSAMA


    PANDEGLANG -Ribuan ulama, tokoh agama, santri dan pejabat pemerintah menggelar istighasah bersama di lapangan SMK Nurul Mursyida Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang, Sabtu (30/9/2017). Kegiatan tersebut dalam rangka merayakan 10 Muharram, yang diisi dengan ceramah kebangsaan.

    Ketua II PBNU, Marsyudi Suhud mengatakan, Indonesia didirikan dengan budaya silaturahim dan semangat gotong royong, dan kegiatan kumpul-kumpul warga. Sehingga, jika Presiden menginginkan Indonesia damai, maka harus terus menyelenggarakan kegiatan kumpul-kumpul (silaturahim).

    Pihaknya tidak bisa membayangkan jika budaya silaturahim tidak ada di Indonesia pasti keadaan negara akan kacau. Budaya kumpul-kumpul atau silaturahim di Indonesia merupakan karakteristik khusus yang mampu mempersatukan orang-orang atau kelompok-kelompok yang berselisih tanpa ada pihak yang merasa dirugikan.

    ”Oleh karena itu, pemerintah harus berterima kasih kepada kiai yang mempunyai fasilitas kumpul-kumpul. Segala persoalan yang terjadi, maka dapat diselesaikan dengan fasilitas sosial berupa kumpul-kumpul bersama ulama, tokoh agama, santri, pejabat dan masyarakat. Jika tidak ada budaya kumpul-kumpul tersebut, maka perselisihan akan terus terjadi dan tidak pernah padam,” kata Marsyudi dalam sambutannya, Sabtu (30/9/2017).

    Meski budaya kumpul-kumpul sudah mengalami pergeseran, dan bukan lagi di depan masjid, tetapi di depan Gedung DPR. Menurut Marsyudi, hal tersebut tidak menjadi masalah selama tidak bertentangan dengan norma dan peraturan hukum yang berlaku di negara ini.

    Sementara itu, Staf Ahli Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Sumber Daya Manusia, Abdul Ghaffar mengatakan, setiap tahun biasanya masyarakat menyambut perayaan tahun baru, baik tahun Masehi maupun tahun baru Islam, meskipun terdapat banyak perbedaan. Atas nama pemerintah, ghaffar berharap dengan menggelar istigasah bersama menjadi energi bagi Kabupaten Pandeglang untuk bisa lebih baik lagi kedepannya. ”Melalui kegiatan ini, Pandeglang menjadi kabupaten yang makmur dan damai,” tuturnya.

    Sumber :http://www.kabar-banten.com/ulama-pandeglang-gelar-istighasah-bersama/ , https://www.bantenprov.go.id/


    Jadwal Sholat


    Prakiraan Cuaca


    Twitter


    Facebook


    Tentang Kami


    Statistik Kunjungan