KEMENPAR RESMI LUNCURKAN RATUSAN FESTIVAL WISATA TAHUN INI


Rangkaian festival pariwisata Indonesia pada tahun 2018 resmi dimulai. Festival Indonesia Festival alias FestinFest yang digelar di Gedung Kementerian Pariwisata (Kemenpar) 30-31 Januari 2018, Jakarta, menjadi awal dari ratusan festival tersebut.

Tahun ini, Kemenpar mengusung tema ‘Visit Wonderful Indonesia 2018: Celebration of Life’ dalam 100 festival yang bakal diselenggarakan sepanjang tahun ini

Selain pidato dan acara hiburan, hari ke-dua FestinFest juga diisi dengan menyaksikan fenomena alam di langit, yakni gerhana bulan (supermoon) bersama di Gedung Kemenpar.

Pakar wisata yang didaulat menjadi salah satu kurator ratusan festival Kemenpar, Taufik Rahzen, menjelaskan bahwa pihaknya menerima pendaftaran sebanyak 3.000 festival pariwisata yang kemudian disaring menjadi 100 festival.

Kurasi dilakukan agar Kemenpar lebih fokus dalam mempromosikan festival, demi menggaet turis dalam dan luar negeri berdatangan.

Taufik lanjut mengatakan, 100 festival yang dipilih merupakan festival yang berhubungan langsung dengan pariwisata.

"Festival yang berhubungan dengan ritual, keagamaan, masyarakat tidak masuk dalam kategori ini. Jadi memang festival yang dirancang khusus untuk pariwisata," kata Taufik.

Kriteria lain dalam memilih festival adalah penyelenggara yang berkelanjutan dan diakui hingga tingkat dunia.

Ratusan festival ini digelar tersebar di seluruh Indonesia hingga akhir tahun.

Daerah destinasi wisata terbaik, yaitu daerah dengan jumlah kedatangan turis terbanyak, mendapatkan porsi penyelenggaraan festival yang lebih banyak.

Daerah-daerah itu yakni Jakarta, Bali dan Kepulauan Riau. Masing-masing menyumbang lima festival.
Selain itu, 10 Destinasi Wisata Prioritas alias Bali Baru juga mendapatkan porsi penyelenggaraan festival yang lebih banyak.

Sedangkan, daerah dengan jumlah penduduk yang banyak, seperti Jawa Barat dan Jawa Timur, juga menyelenggarakan festival dengan jumlah serupa.

Beberapa pagelaran yang masuk dalam 100 festival ini diantaranya ialah Pesta Kesenian Bali, Jember Fashion Carnaval, Festival Payung, Java Jazz, dan Bintan Triathlon.

“Melalui festival pariwisata ini, pemerintah menargetkan bisa mendapatkan 20 persen dari total target wisatawan mancanegara sebanyak 17 juta turis pada tahun ini,” pungkas Taufik.

Dari ratusan jadwal festival yang bisa dilihat melalui situs resmi Wonderful Indonesia (https://www.indonesia.travel/gb/en/news-events/events) berikut ini ialah sejumlah festival yang terbilang paling banyak dikunjungi:

 

  1. Java Jazz (DKI Jakarta), 2-4 Maret 2018
  2. Pesta Kesenian Bali (Bali) 16 Juni – 14 Juli 2018
  3. Jember Fashion Carnaval (Jawa Timur) 7-12 Agustus 2018
  4. Iron Man 70.3 Bintan (Kepulauan Riau) 19 Agustus 2018
  5. Festival Payung Indonesia (Jawa Tengah) 20 Agustus – 8 September 2018
  6. Sanur Village Festival (Bali) 24-28 Agustus 2018
  7. Karnaval Kemerdekaan (Indonesia) 25 Agustus 2018
  8. Grand Karnaval Indonesia (DKI Jakarta) 27 Agustus 2018
  9. Banyuwangi Ethno Carnival (Jawa Timur) 10 November 2018
  10. Borobudur Marathon (Jawa Tengah) 18 November 2018

 

 

Sumber:

http://www.bantenprov.go.id

https://www.cnnindonesia.com


Jadwal Sholat


Prakiraan Cuaca


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan