STRATEGI DAN KEBIJAKAN

img

Strategi pada dasarnya lebih bersifat agenda (grand design), sebagai suatu cara atau pola yang dirancang untuk merespon isu strategis yang dihadapi dan/atau untuk mencapai visi, misi, tujuan dan sasaran suatu organisasi. 
Berdasarkan Visi dan Misi Bappeda Provinsi Banten Tahun 2012-2017 yang telah ditetapkan, maka diperlukan strategi sebagai suatu cara atau pola untuk mewujudkan tujuan dan sasaran terhadap misi yang telah ditetapkan.

Strategi yang perlu dilaksanakan Bappeda Provinsi Banten selama 5 (lima) tahun kedepan yaitu sebagai berikut.
1. Strategi dalam rangka tercapainya Misi 1 “Meningkatkan Kualitas Perencanaan dan Penganggaran Pembangunan Daerah yang berbasis Koordinasi, Integrasi, Sinkronisasi dan Sinergi”, adalah:
 Pengembangan manajemen SDM berbasis kompetensi dan sistem merit.
 Perlu diperjelas arah kebijakan organisasi dalam penggunaan anggaran.
2. Strategi dalam rangka mewujudkan Misi 2 “Meningkatkan Mutu Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan yang berbasis akuntabilitas kinerja”, adalah:
 Pengembangan manajemen SDM berbasis kompetensi dan sistem merit.
 Perlu diperjelas arah kebijakan organisasi dalam penggunaan anggaran.
3. Strategi dalam rangka mewujudkan Misi 3 “Mengoptimalkan Pengelolaan dan Pemanfaatan Data dan Informasi berbasis Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah” adalah:
 Pengembangan manajemen SDM berbasis kompetensi dan sistem merit.
 Perlu diperjelas arah kebijakan organisasi dalam penggunaan anggaran.

4. Strategi dalam rangka mewujudkan Misi “Meningkatkan Kualitas dan Kapasitas Kelembangaan dan Aparatur” adalah:
 Mengembangkan dan menerapkan manajemen kinerja yang mengkaitkan kinerja lembaga, unit kerja dan kinerja individu. Manajemen kinerja tersebut mencakup: indikator kinerja lembaga, unit kerja dan individu/pegawai, pengukuran dan evaluasi kinerjanya, serta penerapan penghargaan dan sanksi (reward and punishment) termasuk penerapan “remunerasi”/tunjangan kinerja secara akuntabel.

Sedangkan kebijakan yang pada dasarnya merupakan ketentuan-ketentuan yang ditetapkan oleh suatu organisasi untuk dijadikan pedoman, pegangan atau petunjuk dalam pengembangan ataupun pelaksanaan program/indikasi kegiatan guna tercapainya kelancaran dan keterpaduan dalam perwujudan strategi, sasaran, tujuan, serta misi dan visi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Banten Tahun 2012-2017 adalah sebagai berikut:

Arah Kebijakan yang akan dilaksanakan:
1. Penguatan struktur kelembagaan perencanaan pembangunan melalui penataan sistem perencanaan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan pembangunan;

2. Penerapan perencanaan pembangunan dan penganggaran yang berbasis kinerja serta peningkatan kualitas koordinasi dengan para pemangku kepentingan;
3. Penguatan struktur hubungan Koordinasi dan kerjasama dalam bantuan perencanaan dan penganggaran program pembangunan dengan daerah kabupaten/kota;
4. Peningkatan kualitas hasil evaluasi kebijakan/kajian sebagai masukan bagi perencanaan pembangunan dan perumusan kebijakan penyelesaian
permasalahan pembangunan;
5. Pengembangan dan peningkatan kualitas sistem jaringan data dan informasi perencanaan pembangunan daerah;
6. Pelaksanaan reformasi birokrasi secara konsisten dan berkelanjutan dalam rangka peningkatan kinerja (better performance) lembaga dan pegawai.

TAGS :

Berita Lainnya